Wednesday, March 4, 2015

Keutamaan Mencintai Ahlul Bait Rasulullah saw



Ahlul Bait Nabi Muhammad saw Memperoleh Hak Sholawat dari Umat Islam

  1. Dalam setiap sholat, pada waktu tahiyat, Nabi Muhammad saw sendiri yang telah mengajarkan agar membaca sholawat kepada Baginda juga kepada Ahlul Baitnya. “Ya Allah, limpahkanlah Sholawat untuk Sayidina Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau limpahkan sholawat kepada Sayidina Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah Sayidina Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau telah berkati Sayidina Ibrahim dan keluarganya. Sesunggguhnya Engkau Maha Terpuji Lagi Maha Mulia.”
  2. Sabda Rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Imam Malik dari Nuaim al Mujmar: “ Ya Allah limpahkanlah sholawat kepada Sayidina Muhammad kepada para istri dan anak cucu keturunan beliau

Kecintaan Baginda Nabi Muhammad saw  pada ahlul Bait dan pesan Baginda agar Umat Islam mencintai mereka

Sayidina Ali menemui Rasulullah saw yang telah menghampar selimut lantas Baginda duduk di atasnya bersama Sayidina Ali, Sayidatina Fatimah, Sayidina Hasan, dan Sayidina Husein. Kemudian Baginda bersabda: “Ya Allah, redhoilah mereka sebagaimana aku redho pada mereka”.

Baginda Nabi Muhammad saw bersabda: “Yang paling aku cintai diantara ahlul baitku adalah Sayidina Hasan dan Sayidina Husein” (Riwayat Tirmidzi)

Baginda Nabi Muhammad saw bersabda mengenai Sayidina Hasan: “Ya Allah sesungguhnya aku mencintainya, maka cintailah dia, dan cintailah seapa yang mencintainya” (Riwayat Muslim)

Baginda Nabi Muhammad saw bersabda: “Belum sempurna keimanan seorang hamba Allah sebelum kecintaannya kepadaku melebihi kecintaannya pada dirinya sendiri, sebelum kecintaannya pada keturunanku melebihi kecintaannya pada kecintaannya pada keturunannya sendiri, sebelum kecintaannya pada ahlul baitku melebihi kecintaannya pada keluarganya sendiri, dan sebelum kecintaannya pada zatku melebihi kecintaannya pada dzatnya sendiri.” (Riwayat At Tabrani)

Dari Sayidina Ali, Rasullah saw bersabda: Barangsiapa menciantai kedua orang ini, yakni Hasan dan Husein, dan ayah serta ibunya, maka ia bersamaku dalam derajatku di Hari kiamat.” (Riwayat Ahmad dan At Tirmidzi)

Dari Sayidina Ibnu abbas, Rasulullah saw bersabda: “ Cintailah Allah atas kenikmatanNya yang diberikan kepadamu sekalian dan cintailah aku dengan mencintai Allah dan cintailah Ahlul Baitku karena mencintaiku”
Dari Sayidina Ali, RAsulullah saw bersabda: “ Diantara kalian yang paling mantap berjalan di atas sirath adalah yang paling besar kecintaannya kepada Ahlul Baitku dan para Sahabatku” (Riwayat Ad dailami)

Keutamaan Ahlul Bait

Sayidina Jabir mendengar Umar bin Khattab berkata kepada khalayak ramai ketika menikahi Ummu Kalsum binti Ali bin Abi Thalib: “Tidakkah kalian mengucapkan selamat untukku? Aku mendengar Rasulullah saw bersabda: ‘Semua sabab (kerabat) dan nasab (silsilah) akan terputus pada hari kiamat kelak kecuali kerabat dan nasabku’.” (Riwatay At Thabrani)

Rasulullah saw bersabda: “kutinggalkan di tengah kalian dua bekal, (yang pertama) Kitabullah, di dalamnya terdapat petunjuk dan cahaya terang. Hendaklah kalian ambil dan berpegang teguh padanya….dan (kedua) Ahlul Baitku: Kalian aku ingatkan pada Allah mengenai Ahlul Baitku! Kalian aku ingatkan pada Allah mengenai Ahlul Baitku! (Riwayat Zaid bin Arqom)

Imam Ahmad bin Hambal meriwayatkan hadis lain: “Apabila bintang-bintang lenyap, lenyapkah penghuni langit, dan apabila ahlul baitku lenyap, lenyap pula penghuni bumi”.

Rasulullah saw bersabda: “bintang-bintang merupakan (sarana) keselamatan bagi penghuni bumi (yang sedang berlayar) dari bahaya tenggelam/karam sedangkan ahlul baitku adalah sarana keselamatan bagi umatku dari perselisihan (dalam agama). Bila ada satu kabilah arab yang membelakangi ahlul baitku, mereka akan berslisih kemudian menjadi kelompok Iblis” (riwayat Al Hakim, dishahihkan Bukhari Muslim)

Dari Abu Dzar, RAsulullah saw bersabda: “Ahlul Baitku di tengah kaian ibrat bahtera Nuh. Siapa yang menaikinya ia akan selamat dan siapa yang ketinggalan ia binasa”

Abu Dzar meriwayatkan bahwa beliau mendengar Rasulullah saw bersabda: “Jadikanlah ahlul baitku bagi kalian sebagai kepala bagi jasad dan sebagai dua buah mata bagi kepala”

Rasulullah saw bersabda: “Dunia tidak akan berakhir hingga bangsa Arab dipimpin seorang lelaki dari keluargaku yang namanya menyerupai namaku” (Riwayat At Tirmidzi)

Dari Tufail dari Sayidina Ali, RAsulullah saw bersabda: “Jika dunia hanya tinggal sehari saja, niscaya Allah akan membangkitkan seorang lelaki dari keluargaku yang akan memenuhi dunia dengan keadilan setelah dunia dipenuhi dengan kedzaliman”

No comments:

Post a Comment